• Jumat, 19 Agustus 2022

Nike, IKEA, Hingga Mango Menutup Operasional Toko di Rusia

- Jumat, 4 Maret 2022 | 11:20 WIB
IKEA menutup operasional toko di Rusia. (Jueun Song)
IKEA menutup operasional toko di Rusia. (Jueun Song)

SINAR HARAPAN - RETAILER perabot rumah tangga IKEA memutuskan untuk menghentikan operasi toko-tokonya di Rusia pada hari Kamis, 3/3/2022 sebagai efek pembatasan perdagangan, kendala pasokan, juga tekanan politik bagi perusahaan untuk menghentikan bisnis di Rusia karena serangan ke Ukraina.

Penutupan toko ini tak hanya dilakukan di Rusia namun juga di sekutu Rusia Belarus, mempengaruhi 15.000 pekerja. Walau begitu, IKEA dan menggambarkan penutupan ini bernuansa non-politis.

"Perang memiliki dampak manusia yang besar dan mengakibatkan gangguan serius terhadap rantai pasokan dan kondisi perdagangan, itulah sebabnya kelompok perusahaan telah memutuskan untuk sementara menjeda operasi IKEA di Rusia," kata IKEA dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Peringkat Kredit Rusia Kini Berstatus Sampah

Perusahaan-perusahaan yang dikenal secara global termasuk Apple, Ford dan Shell juga mengutuk serangan Rusia. Beberapa pengumuman dari perusahaan-perushaan ini menyebutkan, penghentian berfokus pada persediaan dan sanksi karena rute pengiriman ditutup dan pemerintah negara produsen melarang ekspor ke Rusia.

Kepala Eksekutif Boeing David Calhoun, dalam catatan yang dirilis oleh Reuters, mengakui kekerasan di Ukraina tetapi menghindari pembahasan segi politik.

"Bergerak maju, Boeing akan terus mengikuti pemerintahan Pemerintah AS dan secara ketat mematuhi kontrol ekspor dan pembatasan yang telah diumumkan bekerja di Rusia," katanya, menggambarkan penangguhan pekerjaan di Rusia dan Ukraina.***

 

 

Editor: Rosi Maria

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X